ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Menyimpan Data Digital di Internet

Kamis, 09 September 2021

Tahukah Anda apa itu data digital? Data digital adalah data virtual, bukan data fisik, dan hanya dapat diakses oleh perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer pribadi. 

Data digital ini disimpan dalam memori atau server yang dapat dibuka dan digunakan kapan saja, di mana saja selama Anda terhubung ke Internet. 


Untuk kejelasan, jenis data digital yang dapat disimpan di Internet tercantum di bawah ini. 

  • Data image, contohnya : foto, gambar grafik, icon dan animasi
  • Data video, contohnya : semua video dengan berbagai macam format (mp4, avi, mkv dst)
  • Data audio, contohnya : semua suara dengan berbagai macam format (mp3, wav, aac, dst)
  • Data dokumen, contohnya : file dokumen MS word, exel, powerpoint dan PDF
  • Data aplikasi, contohnya : file APK (aplikasi android), file IPA (aplikasi iOS) dan file exe (windows)
  • Data kompresi, contohnya : file dengan format WinRar atau WinZip

Contoh di atas adalah semua data numerik yang mungkin tidak Anda sadari. Data dapat disimpan di internet dan hanya Anda yang dapat membukanya. Sekarang, sebelum Anda mencoba, perhatikan tips berikut untuk menghemat data digital.


  • Simpan data dokumen di Google Drive

Saat ini, rekomendasi terbaik untuk menyimpan data dokumen adalah Google Drive. Ada alasan untuk pilihan ini, karena Google Drive selalu menjadi pemenang dalam hal fungsionalitas dan kelengkapan. 
 
Anda dapat mengedit dokumen seperti Word, Excel, dan PowerPoint secara online dan menyimpannya secara otomatis. Oleh karena itu, edisi ini sepenuhnya online dan Anda tidak memerlukan aplikasi seperti Microsoft Office. 
 
Google menawarkan penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk satu akun email terdaftar. Artinya, jika Anda memiliki 3 email, Anda bisa mendapatkan sekitar 
5GB. 15GB hanya dapat menampung ribuan file saat menyimpan dokumen dalam format Word, Excel, PowerPoint dan PDF, sehingga hanya dapat memenuhi kebutuhan pribadi Anda. 
 
Apakah Google Drive hanya digunakan untuk menyimpan dokumen Word, Excel dan PowerPoint? 
 
Selain itu, Google Drive dapat menyimpan sebagian besar jenis file dengan ekstensi yang berbeda. Namun, fungsionalitas pengeditan dokumen tersedia dalam format dokumen Word, Excel, dan PowerPoint.

  • Simpan data video di Youtube
Kebanyakan orang menggunakan YouTube untuk berbagi video (menjadi pengguna YouTube), tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan YouTube sebagai repositori video online? 
  Artinya, Anda dapat merekam video, tetapi Anda tidak dapat membagikannya. Artinya hanya Anda yang dapat mengakses dan membuka video tersebut. 
 
Apakah aman menyimpan video di YouTube?  Ya, youtube, drive, foto adalah produk Google. Dari sisi keamanan, tidak perlu diragukan lagi tingkat keamanannya. 
 
Menyimpan ke arsip video online sama seperti cara biasa mengunduh video dari YouTube. Anda hanya perlu mengubah pengaturan privasi video menjadi "pribadi". Dengan cara ini, video yang diunduh tidak akan muncul di halaman pencarian YouTube dan akan tetap pribadi.
  • Simpan data gambar atau foto di Google Photo
Ini hampir sama dengan Google Drive, kecuali berfokus pada gambar dan foto. Tidak perlu membuat banyak email. Anda dapat menggunakan Google Drive dan Google Foto dalam satu email. Itu hanya membagi ruang menjadi dua. Seperti yang dijelaskan di atas, Google hanya menawarkan ruang 15GB. Artinya jika Anda menggunakan 10GB untuk Google Drive, sisa 5GB akan tersisa untuk Google Foto saja. Jika Anda memerlukan penyimpanan lebih dari,Anda dapat meningkatkan ke 100GB, 200GB, atau 2TB (2000GB). Hal ini tidak gratis. Artinya, Anda harus membayar bulanan atau tahunan.

  • Perkuat keamanan akun google dengan cara verifikasi dua langkah
Untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu, aktifkan verifikasi dua langkah atau verifikasi dua langkah default Google untuk membuat koneksi Anda lebih aman. 
 
Dengan fitur ini, Google akan mengirimkan kode ke nomor ponsel Anda untuk verifikasi setiap kali Anda terhubung ke komputer Anda. Kemudian Anda bisa masuk. 
 
Intinya, sistem verifikasi ini membuat akun Anda lebih aman karena membutuhkan kata sandi dan kode verifikasi yang dikirim oleh Google untuk masuk. Oleh karena itu, tidak seorang pun kecuali diri Anda sendiri yang dapat terhubung.

Share This :

0 komentar

Silakan Berikan Komentar Anda
- Komentar dengan sopan
- Dilarang spam Komentar
- Dilarang memberikan link aktif pada kolom komentar
- Dilarang menggunakan Kosa Kata yang Kasar atau Negatif

Salam Hangat
AriefDM