Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui MBR atau GPT pada Hardisk atau SSD dengan Menggunakan CMD

Artikel ini menjelaskan langkah-langkah untuk memverifikasi apakah tipe partisi menggunakan MBR atau GPT. MBR dan GPT adalah dua jenis partisi yang dapat digunakan di sistem operasi Windows. Anda akan memerlukan informasi tentang jenis partisi ini jika Anda ingin membuat dan menginstal ulang flash drive yang dapat di-boot. Jenis partisi ini dapat digunakan pada hard drive, hard drive eksternal, atau SSD.



Master Boot Record atau bisa di singkat MBR yang merupakan jenis partisi lawas yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Sedangkan GUID Partition Table yaitu GPT yang merupakan jenis partisi terbaru dengan memiliki beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan MBR.

Berikut ini langkah langkahnya :

  • Langkah pertama buka CMD. klik Start > CMD > klik kanan lalu pilih Run as administrator.
  • lalu ketik perintah berikut ini : diskpart
  • setelah itu ketik : list disk
  • Setelah itu maka akan muncul keterangan informasinya
  • Perhatikan pada bagian GUID Partition Table atau GPT, disk yang pada bagian GPT terdapat tanda * artinya disk tersebut memiliki jenis partisi GPT. dan jika disk yang tidak terdapat tanda * yaitu artinya disk tersebut jenis partisinya adalah MBR.


DONASI MELALUI SEMUA WALLET BANK Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.19adm.com. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui MBR atau GPT pada Hardisk atau SSD dengan Menggunakan CMD"