Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian perbankan dan jenis-jenis perbankan


Perbankan merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit atau pembiayaan. Dalam sistem perbankan, terdapat beberapa jenis bank dengan karakteristik dan fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis bank yang ada:


Pertama, Bank Sentral bertanggung jawab dalam mengatur kebijakan moneter negara dengan tugas utama mengeluarkan dan mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat. Di Indonesia, Bank Sentral yang beroperasi adalah Bank Indonesia.

Kedua, Bank Umum adalah bank yang mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit atau pembiayaan. Bank Umum dibagi menjadi bank devisa dan non-devisa. Bank devisa dapat melakukan transaksi dalam mata uang asing, sedangkan bank non-devisa hanya bisa bertransaksi dalam mata uang rupiah.

Ketiga, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang fokus pada kredit mikro dan kecil dan beroperasi di daerah pedesaan. BPR memberikan pembiayaan dan kredit kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha.

Keempat, Bank Pembangunan memberikan kredit jangka panjang untuk pembangunan seperti pembangunan infrastruktur atau perumahan. Di Indonesia, Bank Pembangunan yang beroperasi adalah Bank Pembangunan Daerah.

Kelima, Bank Syariah adalah bank yang berdasarkan prinsip syariah dan menawarkan produk perbankan seperti mudharabah, musyarakah, dan murabahah.

Terakhir, Bank Perkreditan Konsumen (BPK) fokus pada kredit konsumen seperti kredit mobil, kredit rumah, atau kredit elektronik. BPK memberikan pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan modal untuk membeli barang konsumsi.

Demikianlah beberapa jenis bank dalam sistem perbankan, masing-masing memiliki peran dan fungsi yang penting dalam memajukan perekonomian negara.
DONASI MELALUI SEMUA WALLET BANK Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.19adm.com. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian perbankan dan jenis-jenis perbankan"