ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Pengertian Database, Database Model dan Database RDBMS

Jumat, 07 Juni 2019
19ADM - Menurut wikipedia database yaitu “A database is an organized collection of data”. Dengan terjemahan bebasnya, Database adalah kumpulan data yang terorganisir.




Pengertian Database Model

Menurut pendapat wikipedia bahwa database model yaitu :






Yang jika di artikan, database model adalah teori seputar bagaimana data itu akan disimpan, disusun, dan dimanipulasi dalam sebuah sistem database.


Pengertian Database RDBMS
Menurut dari berbagai sumber, pendapat ini dari https://www.duniailkom.com/tutorial-mysql-pengertian-database-database-model-dan-rdbms/ Yaitu Bahwa Database RDBMS adalah.























Client-Server RDBMS Arsitektur
Kebutuhan akan database yang dapat diakses bersama-sama oleh banyak pengguna mulai muncul di sekitar awal 1990an. Sebuah database terpusat, namun dapat diakses dari tiap komputer yang berjauhan, membuat banyak RDBMS dikembangkan dengan arsitektur Client-Server.


Dalam arsitektur Client-Server, sebuah komputer bertindak sebagai Database Server pusat. Server inilah yang akan melayani segala permintaan dari komputer (Client) yang membutuhkan akses ke database. Namun fisik database itu sendiri juga tidak harus di dalam Server, bisa saja berada di tempat lain, namun terhubung ke Database Server untuk memprosesnya.

MySQL juga menggunakan arsitektur Client-Server. Namun nantinya dalam tutorial ini, kita akan menjalankan aplikasi server dan client di komputer yang sama. Namun pada dasarnya, jika kita menjalankan MySQL Server di komputer, setiap komputer yang terhubung kedalam jaringan dapat mengaksesnya dengan menggunakan MySQL Client. Lebih lanjut tentang hal ini akan kita pelajari dalam tutorial selanjutnya.

Setelah Relational Database Model : Object-Oriented Database Model
Walaupun RDBMS sudah populer, dan digunakan pada hampir semua keperluan seperti bisnis, inventory, bank, dll, namun untuk kasus-kasus tertentu, Relational Database Model dianggap masih kurang mendukung, khususnya untuk aplikasi baru seperti sistem informasi geografis, dan multimedia. Sehingga mulailah dikembangkan berbagai model database lainnya, seperti Object-Oriented Database dan Object-Relational Database.

Konsep Database Objek Model ini berasal dari dunia programming: OOP (Object Oriented Programming), dimana setiap data dikaitkan dengan objek dari data tersebut. ODBMS (Object Database Management System) juga sudah banyak beredar, seperti Versant ODBMS oleh Versant Corporation, UniData dari IBM, dan VelocityDB.

Namun konsep Object Oriented Database ini belum terlalu populer digunakan, dan mungkin saja nantinya hanya sebagai pelengkap dari relational database, yang untuk kasus per kasus memerlukan sistem database khusus.


Share This :
AriefDM

Perkenalkan nama saya AriefDM selaku penulis dan pemilik di web ini. Instagram : @ariefdm19

1 komentar

Silakan Berikan Komentar Anda
- Komentar dengan sopan
- Dilarang spam Komentar
- Dilarang memberikan link aktif pada kolom komentar
- Dilarang menggunakan Kosa Kata yang Kasar atau Negatif

Salam Hangat
AriefDM

  1. Silakan Berikan Komentar Anda
    - Komentar dengan sopan
    - Dilarang spam Komentar
    - Dilarang memberikan link aktif pada kolom komentar
    - Dilarang menggunakan Kosa Kata yang Kasar atau Negatif

    Salam Hangat
    AriefDM

    BalasHapus