ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Apa itu Black Hat, White Hat, dan Grey Hat

Selasa, 12 Januari 2021
19ADM - Apakah kamu sering di dengar dengan sebutan Black Hat, White Hat, serta Grey Hat? Ketiga sebutan ini sangat lekat dengan dunia hacking. Black Hat, White Hat, serta Gery Hat ialah sebutan yang digunakan buat menyebut hacker ataupun peretas bersumber pada tujuan mereka dikala meretas sesuatu sistem maupun program. Tujuan hacker pastinya bermacam- macam, terdapat yang mempunyai tujuan positif, namun terdapat pula yang negatif. Metode mereka bekerja pula terdapat yang sah serta illegal.

Sumber Gambar : https://unsplash.com/photos/9SoCnyQmkzI

  • Black Hat
Corak gelap umumnya diidentikkan dengan perihal negatif serta perihal tersebut pula tercantum dalam pengelompokkan hacker. Para peretas yang masuk kedalam jenis Black Hat ialah mereka yang melaksanakan hacking dengan meretas sistem ataupun program secara illegal. Tujuannya tidak bisa dikatakan baik sebab mereka melaksanakan hacking buat mengambil informasi individu pengguna internet semacam password sampai no telepon. Mereka juga terkadang menyebarkan virus pada fitur lain.

Dari informasi individu yang mereka curi tersebut dapat memperoleh keuntungan yang besar. Kumpulan informasi tersebut bila dijual bisa mempunyai harga yang besar sebab memanglah banyak yang menginginkannya. Aksi tersebut jelas merugikan serta membahayakan sistem yang diretas.

  • White Hat
Selain Black Hat hacker, ada juga White hat hacker. White Hat kebalikannya Black Hat. White Hat berusaha meretas sistem atau program untuk dapat menemukan celah keamanannya. White Hat juga bekerja sesuai dengan peraturan dan melalui metode yang legal. Dengan tujuannya itu, White Hat sering disebut sebagai good hacker atau peretas yang baik. Umumnya, White Hat direkrut oleh sebuah perusahaan untuk bekerja sama dengan tim developer mereka. White hat akan mencari celah keamanan dari sistem yang dibuat oleh sang developer. Dengan begitu, sistem yang dibuat tersebut dapat lebih aman dan risiko kebocoran data dapat diminimalisir.

  • Grey Hat
Di antara Black Hat dan White Hat ternyata terdapat golongan hacker tersendiri. Mereka disebut sebagai Grey Hat. Para peretas bertopi abu-abu ini tidak dapat dikategorikan sebagai Black Hat maupun White Hat karena mereka beroperasi dengan mengombinasikan metode keduanya. Grey Hat menerapkan metode-metode peretas Black Hat, tetapi di saaat yang bersamaan mereka juga menggunakan cara yang serupa dengan peretas White Hat.

Contohnya di saat seperti mereka meretas sebuah sistem atau program, Grey Hat melakukannya secara illegal seperti peretas Black Hat. Tetapi tidak seperti peretas Black Hat yang meninggalkan kerusakan pada sistem, Grey Hat mengembalikan sistem seperti sedia kala seperti peretas White Hat sehingga seolah tidak terjadi apa-apa kepada sistem tersebut. Dapat disimpulkan bahwa tujuan dari Grey Hat melakukan peretasan sistem yaitu untuk uji coba kemampuan semata.
Share This :

1 comments

Silakan Berikan Komentar Anda
- Komentar dengan sopan
- Dilarang spam Komentar
- Dilarang memberikan link aktif pada kolom komentar
- Dilarang menggunakan Kosa Kata yang Kasar atau Negatif

Salam Hangat
AriefDM