ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Jenis-Jenis Ancaman Cyber Security

Senin, 01 November 2021

Semakin meningkatnya teknologi-teknologi baru di era sekarang maka semakin banyak ancaman-ancaman serangan cyber yang terjadi. maka dengan itu kita harus tau jenis jenis ancaman cyber security.


Bersumber dari TechTarget. mengatakan bahwa jenis jenis ancaman yang terjadi yaitu sebagai berikut :

  • Malware
    adalah bentuk perangkat lunak berbahaya di mana file atau program apa pun dapat digunakan untuk membahayakan pengguna komputer. Ini termasuk worm, virus, Trojan dan spyware
    .
  • Ransomware
    adalah jenis malware lainnya. Ini melibatkan penyerang mengunci file sistem komputer korban - biasanya melalui enkripsi - dan menuntut pembayaran untuk mendekripsi dan membuka kuncinya.
  • Rekayasa sosial / Social engineering 
    adalah serangan yang mengandalkan interaksi manusia untuk mengelabui pengguna agar melanggar prosedur keamanan untuk mendapatkan informasi sensitif yang biasanya dilindungi.
  • Phishing
    adalah bentuk rekayasa sosial di mana email palsu atau pesan teks yang mirip dengan yang berasal dari sumber terpercaya atau dikenal dikirim. Seringkali serangan acak, maksud dari pesan ini adalah untuk mencuri data sensitif, seperti kartu kredit atau informasi login.
  • Spear phishing 
    adalah jenis serangan phishing yang memiliki target pengguna, organisasi, atau bisnis yang dituju.
  • Ancaman orang dalam / Insider threats
    adalah pelanggaran atau kerugian keamanan yang disebabkan oleh manusia -- misalnya, karyawan, kontraktor, atau pelanggan. Ancaman orang dalam bisa bersifat jahat atau lalai.
  • Distributed denial-of-service (DDoS) 
    adalah serangan di mana beberapa sistem mengganggu lalu lintas sistem yang ditargetkan, seperti server, situs web, atau sumber daya jaringan lainnya. Dengan membanjiri target dengan pesan, permintaan koneksi atau paket, penyerang dapat memperlambat sistem atau merusaknya, mencegah lalu lintas yang sah untuk menggunakannya.
  • Advanced persistent threats (APT)
    adalah serangan bertarget yang berkepanjangan di mana penyerang menyusup ke jaringan dan tetap tidak terdeteksi untuk jangka waktu yang lama dengan tujuan untuk mencuri data.
  • Man-in-the-middle (MitM) 
    adalah serangan penyadapan yang melibatkan penyerang mencegat dan menyampaikan pesan antara dua pihak yang percaya bahwa mereka berkomunikasi satu sama lain.
itulah jenis jenis ancaman cyber security
Share This :

1 comments

Silakan Berikan Komentar Anda
- Komentar dengan sopan
- Dilarang spam Komentar
- Dilarang memberikan link aktif pada kolom komentar
- Dilarang menggunakan Kosa Kata yang Kasar atau Negatif

Salam Hangat
AriefDM