Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebenarnya Blockhain Itu Apa ? Berikut Penjelasan Mengenai Blockchain

Blockchain terdiri dari gabungan dua kata yaitu kelompok makna blok dan rantai makna rantai. Nama tersebut mencerminkan fungsi blockchain, yang menggunakan sumber daya komputasi untuk membuat blok yang saling terkait untuk melakukan transaksi. 

Seperti namanya, blockchain adalah rantai blok berurutan yang dirakit dan didistribusikan bersama. Setiap blok terdiri dari register dan tiga elemen yaitu data, hash dan hash dari blok sebelumnya. 

Jenis data yang digunakan dalam teknologi ini tergantung pada tujuan dari blockchain itu sendiri. Misalnya, dalam bitcoin, blok data berisi semua detail transaksi, mulai dari jumlah koin, hingga pengirim, hingga penerima. 

Hash dapat berisi data yang berupa tanda tangan, sidik jari,  signature dan Hash dapat digunakan untuk mengidentifikasi blok dan semua isinya dalam kode unik. Hash blok sebelumnya adalah bagian yang melacak informasi sebelumnya sambil mengamankan blockchain. 

Blockchain adalah teknologi yang dikembangkan untuk sistem penyimpanan data digital. Teknologi ini dapat terhubung melalui kriptografi dan dari penggunaannya sendiri tidak dapat dipisahkan dengan Bitcoin dan Cryptocurrency. 

Meski dianggap sebagai teknologi modern, ide awal blockchain sendiri dicetuskan oleh Scott dalam jurnalnya yang berjudul Journal of Cryptography: How to TimeStamp a Digital Document sejak tahun 1991.

DONASI MELALUI SEMUA WALLET BANK Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.19adm.com. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Sebenarnya Blockhain Itu Apa ? Berikut Penjelasan Mengenai Blockchain"